GASTROBEATS, festival makanan dan musik tahunan yang terkenal di Singapura, kembali menyedot ribuan pengunjung. Diselenggarakan pada 31 Mei hingga 23 Juni 2024 di Bayfront Event Space, Marina Bay Sands (MBS), festival ini menawarkan kombinasi antara kelezatan kuliner dan hiburan musik bagi penduduk lokal dan wisatawan.
Berbarengan dengan festival instalasi “i-Light Singapore”, Gastrobeats 2024 dibuka secara resmi oleh Menteri Pembangunan Nasional Singapura, Desmond Lee, pada 31 Mei. Acara ini menampilkan berbagai hidangan lezat dan pertunjukan musik yang memikat.
Untuk pertama kalinya, Indonesia berpartisipasi dalam Gastrobeats dan langsung mendapat sambutan positif dari ribuan pengunjung. Keikutsertaan ini diinisiasi oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura, bertujuan untuk mempromosikan kuliner, produk ekonomi kreatif, dan seni budaya Indonesia.
Di Zona “Wonderful Indonesia”, tujuh usaha kuliner Indonesia di Singapura memperkenalkan makanan khas Nusantara. Indo Express, Indo Chili, Smile Martabak, Embassy 1967, J Co Donuts, Rejuve, dan Ayam Bakar Taliwang hadir memanjakan lidah pengunjung. Selain itu, ada booth yang menawarkan produk kerajinan tangan dan fashion karya artisan dan UMKM Indonesia seperti tas kain, batik dan kebaya, serta baju olahraga.
Setiap minggu, Gastrobeats menampilkan “Indonesia Night” dengan pertunjukan seni dan budaya dari Givo Dancers dan Barika Band dari Batam, serta “Indonesia Saturday’s Tunes” yang menampilkan musisi diaspora Indonesia seperti Arnold Pontoh dan Soukma. Pertunjukan “Indonesia Night” pada 9 Juni semakin meriah dengan doorprize berupa voucher dan tiket pesawat Singapura-Indonesia serta goodie bags dari Garuda Indonesia dan Citilink.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengunjungi Gastrobeats pada 4 Juni di sela-sela kunjungannya ke Singapura untuk menghadiri World Cities Summit 2024. Menparekraf berharap keikutsertaan jenama-jenama yang dikurasi di Gastrobeats ini dapat membuka peluang pasar internasional bagi produk ekonomi kreatif Indonesia.
Partisipasi Indonesia di Gastrobeats 2024 menunjukkan antusiasme besar dari para pengunjung yang mencicipi makanan dan membeli produk dari Zona Indonesia. Para vendor menyampaikan apresiasi kepada KBRI Singapura atas kesempatan mempromosikan kuliner Indonesia. Sambutan luar biasa juga diberikan oleh pengunjung Gastrobeats yang menikmati keanekaragaman budaya dan cita rasa Indonesia. *** [BEKRAF/Rls]