EKONOMI kreatif kini semakin dianggap penting dan semakin mendapat tempat di masyarakat. Kreativitas dipandang sebagai salah satu komoditi bernilai ekonomi tinggi yang dapat mendatangkan devisa besar untuk kesejahteraan masyarakat. Selain itu, ekonomi kreatif juga ramah terhadap sumber daya alam dan berperan penting dalam menjaga kebudayaan. Menyadari hal itu, Universitas Indonesia (UI) merespons dengan membuka program studi baru pada tingkat pascasarjana, yaitu Magister Terapan Industri Kreatif. Program ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan dan mengelola bisnis industri kreatif berbasis teknologi secara profesional, mandiri, beretika, dan berdaya saing global. Pendaftaran dibuka hingga 13 Juni 2024.
Direktur PPV UI, Padang Wicaksono, S.E., Ph.D., dalam laman UI yang disiarkan pada Senin (3/6/2024), menyampaikan bahwa tata kelola yang baik dalam institusi bisnis industri dapat memberikan dampak luas bagi masyarakat. Untuk mencapai tata kelola yang baik tersebut, peningkatan keilmuan menjadi salah satu kuncinya.
Selain keilmuan, keahlian dan jejaring yang kuat juga diperlukan untuk melahirkan pelaku bisnis yang handal dan adaptif. Mahasiswa yang mengikuti prodi ini akan didorong untuk mendorong perubahan dan mentransformasikan ekonomi bangsa. “Dibukanya prodi magister terapan ini juga menjadi wadah bagi mahasiswa untuk memperdalam ilmu vokasional yang bisa diterapkan di masyarakat dan meningkatkan perekonomian bangsa, khususnya pada sektor industri kreatif,” jelas Padang.
Sebagai program magister terapan, kajian yang akan dipelajari di prodi ini mencakup kebutuhan industri kreatif hingga pemerintahan. “Lingkup kajian prodi ini sangat vokasional dan relevan dengan perkembangan dunia global, khususnya kebutuhan industri kreatif, masyarakat, serta pemerintah,” ujarnya.
Mata kuliah yang akan dipelajari di prodi ini antara lain:
Semester 1:
Kreativitas dan Inovasi
Kebudayaan dan Industri Kreatif
Metodologi Penelitian Terapan
Manajemen Industri Kreatif
Regulasi Industri Kreatif dan Kekayaan Intelektual
Semester 2:
Kolokium
Kapita Selekta Industri Kreatif
Pendanaan dan Investasi Proyek
Kewirausahaan Teknologi
Kewirausahaan Sosial
Semester 3:
Analisis Data
Pengembangan Kreasi Kolaboratif
Manajemen Strategik Industri Kreatif
Intelijensi Media
Narasi Lintas Media
Pengambilan Keputusan Kreatif
Semester 4:
Tesis
Tugas Akhir
Untuk dapat bergabung dengan program ini, pendaftaran masih dibuka hingga 13 Juni 2024. Bagi yang berminat, pendaftaran dapat dilakukan dengan membuat akun terlebih dahulu di penerimaan.ui.ac.id. Penerimaan mahasiswa baru untuk S2 Terapan Industri Kreatif UI ini dilakukan melalui SIMAK UI, dan pendaftar bisa berasal dari lulusan D4 ataupun S1.
Dengan dibukanya program studi baru ini, diharapkan lulusan UI dapat menjadi pionir dalam mengembangkan industri kreatif di Indonesia, berkontribusi pada perekonomian bangsa, dan bersaing di kancah global.*** [BEKRAF/Rls]