PAMERAN desain dan furnitur paling bergengsi di dunia, Salone del Mobile 2024, menjadi panggung bagi 24 jenama kreatif Indonesia untuk memamerkan keunggulan mereka. Acara yang berlangsung dari 16 hingga 21 April 2024 ini menjadi momentum penting bagi industri ekonomi kreatif Indonesia untuk mengukir prestasi di panggung internasional.
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) telah mengkurasi dan memfasilitasi partisipasi jenama-jenama unggulan Indonesia dalam pameran ini. Diantaranya adalah Saniharto, Djalin, Cocoon Asia, Triconville, dan masih banyak lagi. Dengan portofolio produk terbaiknya, Indonesia siap menarik perhatian ribuan pengunjung dan pembeli dari seluruh dunia.
Paviliun Indonesia di Salone del Mobile 2024 dibuka secara resmi oleh Sesmenparekraf Ni Wayan Giri Adnyani pada Selasa, 16 April 2024. Dalam kesempatan tersebut, Giri menyatakan, “Partisipasi ini menandai langkah penting dalam mengangkat citra Indonesia sebagai pusat kreativitas dan keahlian dalam industri desain dan furnitur. Kami sangat bangga dapat mempersembahkan 24 jenama kreatif terbaik Indonesia kepada dunia di Salone del Mobile.”
Menparekraf/Baparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno, juga turut memberikan komentarnya terkait kontribusi sektor ekonomi kreatif Indonesia. “Kontribusi sektor ekonomi kreatif Indonesia, terutama dari sisi ekspor, telah mencapai 28 miliar dolar AS pada tahun 2024. Partisipasi jenama-jenama Indonesia dalam pameran-pameran bergengsi seperti Salone del Mobile di Italia ini diharapkan dapat memperkuat posisi Indonesia dalam kancah global,” ujarnya.
Sementara itu, Sekretaris Kemenparekraf/Sestama Baparekraf, Ni Wayan Giri Adnyani, menekankan pentingnya partisipasi Indonesia dalam pameran ini sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. “Partisipasi Kemenparekraf pada pameran ini diharapkan dapat memberikan peluang bisnis yang berkelanjutan bagi sektor ekonomi kreatif Indonesia, sambil memperkuat citra dan reputasi produk-produk kreatif Indonesia di pasar internasional,” ungkapnya.
Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif, Kemenparekraf/Baparekraf, Erwita Dianti, juga menambahkan, “Partisipasi jenama kreatif Indonesia dalam pameran Salone del Mobile 2024 diharapkan dapat memperluas jaringan pemasaran di pasar Eropa dan meningkatkan brand recognition index ekraf Indonesia di tingkat global.”
Pameran Salone del Mobile 2024 di Milan tidak hanya menjadi ajang untuk memamerkan produk-produk unggulan, tetapi juga merupakan kesempatan bagi Indonesia untuk menjalin kerja sama bisnis yang saling menguntungkan dengan para pemangku kepentingan internasional. Dengan semangat inovasi dan kreativitas yang tak terbatas, Indonesia membuktikan diri sebagai kekuatan baru yang patut diperhitungkan dalam industri desain dan furnitur di dunia.*** [BEKRAF/Rls]