Wed. Jul 17th, 2024

Open Call Layar Cerita Perempuan Indonesiana 2024: Bantuan Biaya Rp120 Juta untuk Produksi Film Pendek

By Bekraf Feb 25, 2024

Dalam upaya memperkuat ekosistem perfilman nasional dan memberikan apresiasi kepada perempuan Indonesia yang menjaga dan mempraktikkan seni budaya, adat istiadat, serta pengetahuan tradisional di tengah tantangan perubahan iklim, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi meluncurkan program Open Call Layar Cerita Perempuan Indonesiana, yakni bantuan dana produksi sebesar Rp120 juta untuk memproduksi film pendek sesuai tema yang telah ditetapkan.

Program ini bertujuan untuk memproduksi film fiksi pendek yang terinspirasi dari kisah-kisah perempuan Indonesia yang menjalankan budaya, adat istiadat, dan pengetahuan tradisional mereka, serta bagaimana mereka menghadapi perubahan iklim. Film-film ini akan menjadi sarana untuk meningkatkan pemahaman akan karakter, nilai budaya, dan kearifan lokal, serta akan ditayangkan di kanal budaya Indonesiana.TV dan media lainnya yang bekerja sama dengan Kementerian.

Dalam tema yang diusung, substansi film harus mempresentasikan salah satu Obyek Pemajuan Kebudayaan (OPK) yang telah ditentukan, yakni Adat Istiadat, Pengetahuan Tradisional, dan Perubahan Iklim. Film-film ini juga harus memberikan nilai tambah dalam pendidikan karakter serta sesuai untuk ditonton oleh seluruh anggota keluarga.

Para peserta Open Call harus memenuhi kriteria umum, seperti menjadi warga negara Indonesia yang berkedudukan di dalam negeri, mengisi formulir pendaftaran, dan memiliki rekam jejak produksi film minimal 2 film. Selain itu, mereka juga harus memenuhi kriteria khusus, termasuk mengirimkan PITCH DECK yang meliputi berbagai informasi seperti judul film, sinopsis, dan rancangan anggaran biaya.

“Kami sangat bersemangat untuk melihat kontribusi para perempuan Indonesia dalam memajukan kebudayaan dan menghadapi perubahan iklim melalui karya-karya film pendek ini,” kata Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dalam pernyataannya.

Open Call Layar Cerita Perempuan Indonesiana bukan hanya sekadar program film, tetapi juga merupakan wujud dari komitmen pemerintah dalam memberdayakan perempuan Indonesia serta menjaga dan mempromosikan keberagaman budaya yang ada di tanah air.

Para peserta diharapkan dapat mengirimkan proposal mereka sebelum batas waktu yang telah ditentukan, dan para pemenang akan mendapatkan kesempatan untuk memproduksi film-film mereka dengan dukungan penuh dari Kementerian dan mitra-mitra siarannya. Informasi selengkapnya kunjungi tautan https://layarceritaperempuan.indonesiana.tv *** [BEKRAF/rls]

By Bekraf

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *